Uji Konsumsi BBM All New CB150R Streetfire, Seberapa Irit Dipakai Harian?

All New Honda CB150R Streetfire melakukan debutnya pada Rabu (5/5/2021). Punya dimensi yang lebih besar, mesin yang sama dengan generasi sebelumnya, tapi bobotnya lebih ringan. Bagaimana dengan konsumsi BBM-nya?

DetikOto diberi kesempatan untuk menjajal All New CB150R Streetfire varian special edition dengan warna furry matte red. Pengetesan kali ini mewakili karakter harian di perkotaan, seperti kemacetan yang membuat motor harus stop and go dengan jarak menempuh mencapai 200 kilometer.

Berdasarkan catatan kami, motor ini masih cukup efisien untuk menunjang aktivitas sehari-hari.All New CB150R sudah dilengkapi fitur penggunaan bensin rata-rata selama motor digunakan, informasi tersebut tercantum dalam panel instrumen digital. Dalam panel rata-rata bensin hasilnya didapat sekitar 44,1 km/liter dengan kondisi tinggi rider 168 cm dan bobot sekitar 82 kilogram.

Uji BBM All New CB150R Streetfire

Sementara dalam metode full to full. dalam pengetesan kali ini menggunakan bensin RON 92 (Pertamax). All New CB150R jalan dengan kondisi tangki full pertama sampai menempuh jarak 205,9 km. Setelah menempuh jarak tersebut, tangki kembali diisi full dan membutuhkan bensin lagi sebanyak 5,64 liter.

Uji BBM All New CB150R Streetfire

Setelah jarak tempuh dibagi 5,64 liter jadi konsumsi bahan bakar All New CB150R hasil pengetesan redaksi detikOto ialah 1 liter bensin untuk berjalan sejauh 36,5 liter. Motor digunakan di jalur perkotaan dengan berbagai kondisi, seperti membelah kemacetan, berboncengan, sampai gaya agresif untuk merasakan tenaganya, sesekali motor dipuntir secara spontan. Kami tidak menerapkan prinsip eco riding.

Perlu menjadi catatan, bahwa hasil pengetesan tersebut bisa berbeda-beda, tergantung beberapa faktor. Mulai dari gaya berkendara, bobot rider, kondisi lalu lintas, suhu dan cuaca.

All New CB150R Streetfire diklaim bisa meraih kecepatan maksimal hingga 125 Km/jam, namun Honda menyebut tetap menghasilkan tingkat konsumsi bahan bakar yang efisien yaitu 40,5 km/l berdasar metode pengetesan ECE R40 dengan standar EURO 3.

Motor ini terbilang irit untuk digunakan motor harian meski pada bagian dapur pacu, tidak disebutkan mengalami perubahan. All New CB150R masih menggunakan mesin 150cc, DOHC 4 katup, 6 kecepatan, dan berpendingin cairan. Klaim pabrikan akselerasi yang dihasilkan oleh model ini mampu mencapai 10,5 detik (0-200m). Di atas kertas bisa memuntahkan tenaga maksimal 16,6 dk pada 9.000 rpm dan torsi puncak 13,8 Nm di putaran mesin 7.000 rpm. Hasil disalurkan melalui transmisi manual kopling 6-percepatan.

Tertarik meminangnya? All New CB150R Streetfire hadir dengan varian warna Macho Black dan Stinger Red Black yang dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp29.700.000. Motor ini juga memiliki varian Special Edition (SE) yang dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp30.700.000. Varian Special Edition hadir dengan tiga varian warna matte yaitu Fury Matte Red, Raptor Matte Black, and Armored Matte Grey.

Leave a Reply

Releated