Motor Marc Marquez Rusak, Segini Biaya Perbaikannya

Marc Marquez mengalami kecelakaan di latihan bebas ketiga (FP 3) MotoGP Spanyol, Jerez. Motor RC213V yang dikendarainya slip, lalu tergelencir sampai berputar beberapa kali hingga menabrak dinding pembatas udara. Motor pun terlihat mengalami kerusakan, kalau sudah begitu berapa biaya perbaikannya?


Marc Marquez terlihat syok tapi untungnya dia bisa berdiri lalu menumpang skuter untuk kembali ke garasi Repsol Honda. Marquez sendiri bisa melanjutkan sesi setelah crash, sampai ikut kualifikasi. Ia pun meraih posisi ke-13 untuk start balapan, yang digelar Minggu (2/5).

Sementara motor yang ditunggangi Marquez rusak parah. Berapa part seperti cover, fairing, buntut hingga footrest mengalami kerusakan. Motor pun terlihat tak bisa dikendarai lagi, dan perlu diangkut menggunakan towing. Seberapa besar biaya perbaikannya?

Motor Marc Marquez usai crash di MotoGP Spanyol 2021

Dikutip dari laman boxrepsol, Minggu (2/5/2021) tabrakan bukanlah lelucon, saat motor terseret pada salah satu sisinya memerlukan biaya perbaikan antara € 15.000 sekitar Rp 260 jutaan (kurs € 1 = Rp 17.360) dan € 20.000 kisaran Rp 347 jutaan. Biaya tersebut untuk memperbaiki cover, footrest, tuas, rem belakang, atau elemen eksterior ringan lain.

Serat karbon yang digunakan untuk membuat fairing dan sejumlah besar komponen harganya sekitar € 2 per 100g. Bahan lain bahkan lebih mahal, misalnya magnesium yang digunakan pada pelek. Setiap pelek yang terbuat dari bahan ini memiliki harga total € 4000.

Sementara jika jatuh lebih keras lagi hingga merusak komponen seperti ban, cakram rem, suspensi, radiator, dan sensor perlu mengeluarkan biaya sebesar € 100.000 atau hampir Rp 2 miliar.

Biaya akan lebih banyak dikeluarkan lagi jika komponen seperti swingarm (lengan ayun), sasis, perangkat elektronik, tangki BBM, hingga mesin mengalami kerusakan. Biaya perbaikannya bisa mencapai setengah juta euro.

Leave a Reply

Releated

Keren Banget BMW Motorrad Kembangkan Teknologi yang Bisa Baca Kondisi Jalan

BMW sudah memperkenalkan Cruise Control yang bisa menahan kecepatan untuk bisa menambah kenyamanan saat berkendara. Kini BMW Motorrad kembali mematenkan teknologi traction control untuk mengurangi potensi kecelakaan. Dikutip visordown, industri sepeda motor tahun ini terus membuktikan perkembangan pesat dengan banyaknya teknologi baru yang bermunculan. Teknologi yang ditawarkan pun semakin memudahkan pengendara untuk mempercayakan pada komputer. […]

Rossi Tak Pernah Cedera Arm Pump, Kenapa Serang Pebalap Muda?

Arm pump kini jadi momok pebalap MotoGP. Tapi Valentino Rossi mengaku bersyukur belum pernah mengalami cedera arm pump sepanjang 26 tahun berkiprah di kejuaraan balap dunia. Seperti diketahui empat pebalap MotoGP dilanda cedera arm pump. Jack Miller dan Iker Lecuona jadi dua rider yang sudah mengalami arm pum beberapa tahun belakangan. Keduanya menjalani operasi usai […]