Dulu Cuma Bikin Baterai Handphone, BYD Kini Sudah Produksi 1 Juta Mobil Listrik

Saat pertama berdiri tahun 1995, BYD cuma perusahaan pembuat baterai handphone. Kini, 16 tahun berselang, mereka jadi salah satu pemain utama mobil listrik dunia dengan jumlah produksi mencapai 1 juta unit.

Dikutip dari Insidevs, 1 juta mobil listrik yang sudah diproduksi BYD terbagi dalam tipe plug-in hybrid dan full listrik. BYD Han pun menjadi salah satu mobil listrik paling laris terjual di pasaran saat ini.

BYD merupakan salah satu produsen pertama di segmen mobil listrik di dunia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1995 tersebut sebelumnya bergerak di bidang baterai. Dengan perkembangan teknologi yang melesat, BYD berhasil mencakup setengah pasar baterai ponsel di seluruh dunia.

Pada 2002 BYD berhasil mengakuisisi perusahaan mobil asal China, Qinchuan dan mulai meluncurkan anak perusahaan BYD Auto di tahun 2003. Konsep mobil listrik pertama yang digagas oleh BYD diperkenalkan pada 2004, namun butuh beberapa tahun lagi sebelum mereka resmi meluncurkan mobil listrik BYD e6 dan hybrid plug-in F3DM.

BYD pun berhasil memproduksi sebanyak 550 ribu unit mobil kendaraan listrik. Sementara itu lebih dari 450 ribu unit tipe hybrid plug-in milik BYD telah diproduksi sampai sekarang.

“Pihak BYD memiliki tanggung jawab dan misi dalam mengembangkan kendaraan energi baru di China. Sejak nol hingga satu juta unit, ini adalah capaian BYD dalam transformasi industri otomotif global. ” ujar Presiden BYD, Wang Chuanfu.

“Ini juga merupakan tolak ukur dalam perjalanan industri kendaraan energi baru di China yang sebelumnya dimulai dari titik nol,” sambungnya.

Leave a Reply

Releated